pemrograman java

 

Java adalah bahasa pemrograman yang populer dan kuat yang pertama kali dirilis oleh Sun Microsystems pada tahun 1995. Saat ini, Java dimiliki oleh Oracle Corporation setelah akuisisi Sun Microsystems.

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek, yang berarti program Java terdiri dari objek-objek yang berinteraksi satu sama lain. Ia mengikuti prinsip-prinsip pemrograman berorientasi objek, seperti enkapsulasi, pewarisan, polimorfisme, dan abstraksi.

1.     Pengembangan Game

Banyak game seluler, komputer, dan video populer dibangun di Java. Bahkan game modern yang mengintegrasikan teknologi canggih seperti machine learning atau realitas virtual (virtual reality) dibangun dengan teknologi Java.

2.     Komputasi cloud

Java sering disebut sebagai WORA – Write Once and Run Anywhere, yang membuatnya sempurna untuk aplikasi berbasis cloud yang terdesentralisasi. Penyedia cloud memilih bahasa Java untuk menjalankan program di berbagai platform yang mendasari.

3.     Big Data

Java digunakan untuk mesin pemrosesan data yang dapat bekerja dengan set data yang kompleks dan data waktu nyata yang berjumlah besar.

4.     Kecerdasan Buatan

Java merupakan pembangkit (powerhouse) bagi pustaka machine learning. Stabilitas dan kecepatan membuatnya sempurna untuk pengembangan aplikasi kecerdasan buatan, seperti pemrosesan bahasa alami dan deep learning.

5.     Internet of Things

Java telah digunakan untuk memprogram sensor dan perangkat keras di perangkat edge yang dapat terhubung ke internet secara mandiri.

Komentar

Postingan Populer